Kijing atau kerang air tawar telah menjadi salah satu hewan yang cukup penting bagi insan perikanan. Selain sebagai biofilter, bahan makanan ikan dan hewan lainnya juga dagingnya bisa dikonsumsi oleh manusia. Bahkan kini ada kegunaan lain, yaitu sebagai pembuat mutiara. Jadi mutiara tidak hanya dibuat oleh tiram saja, tetapi juga oleh hewan ini. Media ini akan memuat seputar kehidupannya atau biologinya.

Anda pasti senang, media ini telah membantu anda dalam menemukan sebuah jawaban. Semoga ucapan terima kasih terbiasa meluncur dari dalam lubuk hati. Jika memang demikian, jangan beranjak dulu, kami telah menyediakan media ungkapan terima kasih. Anda cukup mengklik 2 (dua) kali dalam satu iklan. Anda pasti tahu kalau informasi itu sangat mahal.

Habitat dan penyebaran kerang air tawar

Kijing atau kerang air tawar banyak ditemukan di perairan yang jernih dan mengalir tak begitu deras. Sebagian besar tubuhnya terbenam dalam lumpur, sedang sebagian kecilnya nampak di permukaan lumpur. Perairan ini beroksigen tinggi, tapi miskin kalsium dan nutrien. Sudah pasti, di perairan seperti ini pertumbuhan hewan ini sangat lambat dan untuk mencapai dewasa dan matang gonad memerlukan waktu lama.

Berbeda sekali dengan habitat kerang air tawar lainnya, seperti kerang burung (Anadonta cagnaea) dan kerang burung (Anadonta anatina). Kedua kerang ini hidup di perairan yang kaya dengan kalsium dan nutrien. Sudah pasti, kerang burung dan kerang bebek lebih cepat pertumbuhannya dan tak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mencapai dewasan dan matang gonad.

Meski habitat awalnya di perairan mengalir yang beroksigen tinggi dan miskin calsium dan nutrien, tapi setelah dibudidayakan, ternyata kerang air tawar dapat hidup baik di air yang tidak mengalir dengan oksigen yang tidak terlalu tinggi, seperti di kolam, rawa dan danau. Bahkan pertumbuhannya bisa lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai dewasa dan matang gonad.

Famili Margaritiferidae adalah salah satu jenis kerang air tawar yang tersebar di Amerika Utara, Eropa, Asia Selatan dan Asia Tenggara (Baranescu, 1990). Dari sekian banyak genus, Margaritifera adalah genus yang memiliki tubuh paling besar dan paling tersebar. Sedangkan menurut Starabogatov 1970, kerang-kerang yang ada di Thailand, China dan Kalimantan adalah berasal dari Amerika Serikat. Ada juga yang menduga kalau kerang air tawar yang tersebar di Indonesia terbawa dengan ikan nila pada tahun 1969.